Laporan IKM Pemerintah Kota Bogor Tahun 2020

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2020 yang telah dilakukan pada pelayanan publik di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bogor dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Dilihat secara individual per aspek maupun secara keseluruhan terhadap pentingnya pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Bogor, masyarakat menyatakan pentingnya kualitas atau mutu pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Bogor. Untuk pengukuran tingkat kinerja/kepuasan, mayoritas responden menilai puas terhadap pelayanan publik pada Pemerintah Daerah Kota Bogor.
  2. Berdasarkan perhitungan skor SKM, diperoleh skor SKM sebesar 83,41. Nilai tersebut berada pada rentang skala 76,61 - 88,30 sehingga dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan masyarakat/pengguna layanan publik di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bogor merasa “Puas” atau menilai “Baik” (Mutu Pelayanan kategori “B”) terhadap kinerja pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kota Bogor. Namun, masih perlu ada perbaikan pada unsur Waktu Penyelesaian Pelayanan serta unsur Sarana dan Prasaran Pelayanan yang menjadi pendukung pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat.